Kamis, 20 Oktober 2016

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


Teknologi Sistem Cerdas

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Teknologi Sistem Cerdas. Sebelum saya membahas apa itu teknologi sistem cerdas, saya akan menjelaskan terlebih dahulu definisi dari teknologi.

Apa itu Teknologi ?

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan, dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari pentungan sampai senjata nuklir.

Apa itu sistem cerdas ?

Sistem cerdas atau yang pada umumnya disebut dengan kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence (AI) merupakan suatu kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini pada umumnya dianggap sebagai komputer. Kecerdasan buatan ini sering dikaitkan dengan kemampuan komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain Sistem pakar, permainan komputer atau game, logika fuzzy, jaringan saraf tiruan, dan robotika. Sistem cerdas atau Artifical Intelligence ini juga mengingatkan kita dengan film dengan kehebatan robot yang ada di film Transfomers dan Real Steel

Beberapa ahli mengemukakan definisinya tentang kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence (AI), yaitu sebagai berikut:

-          “Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ialah Memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar menirukan perilaku manusia.” (John McCarthy 1956)

 
-          “Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ialah sebuah tempat sebuah penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas.” (H.A Simon 1987)
 

-          “Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) ialah sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.” (Rich and Knight 1991)

 

Contoh penerapan sistem cerdas banyak kita jumpai pada di kehidupan sehari hari kita misalnya pada game Pro Evolution Soccer, DOTA, Clash Of Clans. Didalam game tersebut terdapat aksi atau reaksi dan terjadi antar komponen yang berkaitan dengan game tersebut layaknya didunia nyata. Dalam game Pro Evolution Soccer atau yang disingka PES, kita harung menggiring bola, mengoper bola dari satu pemain ke pemain lainnya dan mengarahkan tendanganyang tepat sehingga kita bisa memasukkan bola kegawang lawan.

 


 

Selain itu penerapan lain adalah di bidang robotika. Robot Big Dog yang bisa menyeimbangkan dirinya untuk tetap berdiri meskipun banyak gangguan yang memungkinkan untuk jatuh. Robot Ashimo milik honda yang bisa menari-nari ketika ada manusia yang memberikan contoh gerakan menari juga salah satu bentuk aplikasi sistem cerdas dalam robotika. Karena robot ashimo tersebut dapat bereaksi dan dapat mengenali rasa dan emosional yang ditangkapnya ketika manusia memberikan aksi berupa mengajak menari.
 
 

Sumber:
http://www.pendidikanmu.com/2015/04/pengertian-kecerdasan-buatan-menurut-para-ahli.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
http://royandawud-fst09.web.unair.ac.id/artikel_detail-43533-Sistem%20Cerdas-Overview%20Sistem%20Cerdas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar