Sabtu, 01 Juli 2017

Artikel Framework Manajemen Layanan Sistem Informasi

Apa itu Framework ?

Framework adalah sebuah software yang membantu para programmer membuat suatu aplikasi atau web yang isinya berbagai fungsi, plugin dan konsep sehingga membentuk suatu sistem yang tersusun dengan rapid an terstruktur.

Framework sangat diperlukan untuk Manajemen Layanan Sistem Informasi atau IT Service Management (ITSM),  karena ITSM digunakan untuk merancang, menghasilkan, mengelola dan meningkatkan pengguna teknologi informasi, sehingga membutuhkan framework untuk proses pengerjaannya.

Macam – macam framework yang terdapat pada Manajemen Layanan Sistem Informasi yang saya ketahui ada 3, yaitu:

1.      ITIL (Information Technology Infrastructure Library)

ITIL merupakan suatu rangkaian dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastuktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi. ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang membahas tentang proses pengelolaan IT.

2.      COBIT (Conrol Objectives for Information and related Technology)

COBIT merupakan audit sistem informasi dan dasar pengendaliannya dibuta oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institut (ITGI) pada tahun 1992. Cobit memberikan arahan yang berorientasi pada bisnis dank arena itu business process owner dan manajer termasuk juga auditor dan user yang diharapkan dapat memanfaatkan arahan ini dengan sebaik-baiknya.

3.      ASL (Application Service Library)

ASL adalah kepanjangan dari Application Service Library. Kumpulan dari pedoman praktek terbaik tentang pengelolaan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi. Yang meliputi empat pesan utama yaitu :
– Manajemen aplikasi, pemeliharaan dan peningkatan Sistem Informasi, menjadi semakin penting.
– Tuntutan pasar bahwa agar supaya manajemen aplikasi menjadi lebih profesional dan lebih maju, hal ini merupakan sebagian dari akibat perkembangan manajemen infrastruktur.
– Tidak ada standarisasi proses manajemen, praktik terbaik berbeda antara satu organisasi dan organisasi lainnya.
– Saat ini sudah ada framework umum untuk manajemen aplikasi yaitu Application Services Library (ASL).
ASL adalah sebuah framework untuk proses manajemen aplikasi. ASL adalah domain publik standar untuk manajemen aplikasi. ASL adalah standar yang independen, terpisah dari IT Infrastructure Library (ITIL), tetapi terkait dengannya dalam pengertian kepatuhan terhadap standar-standar untuk mengelola proses dan memberikan keterkaitan yang erat, kepatuahan dari kumpulan publik domain dari suatu pedoman.

Dari ketiga framework diatas masing – masing framework memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.
Kelebihan dari ITIL mengenai konsep dan teknik pengelolaannya terinfrastruktur, COBIT dalam keamanan terhadapa informasi dan terintegritas dan ASL mengenai pengelolaan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi. Sedangkan kekurangan dari ITL adalah buku-buku ITIL sulit terjangkau bagi pengguna non komersial, ITIL bersifat holistic yang mencakup semua kerangka kerja untuk tatakelola TI. Kekurangan COBIT adalah COBIT hanya memberikan panduan kendali dan tidak memberikan panduan implementasi operasional.

Referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar