Senin, 19 Desember 2016

Tugas Soft Skill 3

Teknologi Sistem Cerdas Pada Game
Sebelum mengetahui tentang teknologi system cerdas pada game, saya akan memberi penjelasan terlebih dahulu tentang Game. Permainan atau Game merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, bersantai atau berolahraga ringan. Permainan ataupun game biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Dengan perkembangan zaman yang sangat cepat, saat ini game sudah ada yang berbentuk digital yang dapat dimainkan dengan komputer, konsol, maupun pada gadget. Hampir setiap anak kecil, remaja bahkan orang dewasa pun menyukai game, apapun bentuk game itu sendiri. Mulai dari game yang sifatnya sederhana sampai game yang paling modern sekalipun atau yang tingkat kesulitannya mudah sampai yang paling susah sekalipun. Banyak yang memberikan pengertian game itu sendiri, yaitu :
·         JOHN C BECK & MITCHELL WADE

Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game juga merupakan lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi
IVAN C. SIBERO

Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.
·         ALBERT EINSTEIN

Game adalah bentuk investigasi paling tinggi
·         WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTO

Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya

Dari semua pengertian tersebut, dapat disimpulkan pada intinya video game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka pengguna dengan video game melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video game itu sendiri. Game juga merupakan suatu sarana untuk menghibur diri. Bermain game juga sangat efektif untuk menghilangkan stres dan mengasah kemampuan otak, tetapi jangan terlalu lama dalam bermain game dan ingat batasan waktu dalam bermain game. Permainan atau game pada umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game“, kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.

Sejarah Artificial Intelligence dalam Game
Pada tahun 1769, dataran Eropa dikejutkan dengan suatu permainan catur yang dapat menjawab langkah-langkah permainan catur yang belum ditentukan terlebih dahulu. Mesin ini disebut dengan Maelzel Chess Automation dan dibuat oleh Wolfgang Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria. Akan tetapi mesin ini akhirnya terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika Serikat.banyak orang tidak percaya akan kemampuan mesin tersebut. Dan seorang penulis dari Amerika Serikat, Edgar Allan Poe(1809-1849) menulis sanggahan terhadap mesin tersebut, dia dan kawan-kawannya ternyata benar, bahwa mesin tersebut adalah tipuan, dan kenyataannya bukanlah aoutomation, tetapi merupakan konstruksi yang sangat baik yang dikontrol oleh seorang pemain catur handal yang bersembunyi di dalamnya.
Usaha untuk membuat konstruksi mesin permainan terus dilanjutkan pada tahun 1914, dan mesin yang pertama kali didemonstrasikan adalah mesin permainan catur. Penemu mesin ini adalah Leonardo Torres Y Quevedo, direktur dari Laboratorio de Automatica di Madrid, Spanyol. Beberapa tahun kemudian, ide permainan catur dikembangkan dan diterapkan di komputer oleh Arthur L. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut oleh Claude Shannon.

Artificial Intelligence dalam Game
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
  • Penglihatan (vision)
  • Suara (voice), ucapan (speech)
  • Gerakan anggota badan ( gesture)


Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur.
Contoh penerapan sistem cerdas pada game banyak kita jumpai pada di kehidupan sehari hari kita misalnya pada game Pro Evolution Soccer, DOTA, Clash Of Clans. Didalam game tersebut terdapat aksi atau reaksi dan terjadi antar komponen yang berkaitan dengan game tersebut layaknya didunia nyata. Dalam game Pro Evolution Soccer atau yang disingka PES, kita harus menggiring bola, mengoper bola dari satu pemain ke pemain lainnya dan mengarahkan tendangan yang tepat sehingga kita bisa memasukkan bola kegawang lawan..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar