Senin, 27 Oktober 2014

Analisis kegiatan sosial yang terjadi di lingkungan rumah saya

Pertama –tama saya akan memperkenalkan nama saya, mungkin pada postingan sebelumnya saya sudah memperkenalkan nama saya, tapi kali ini saya akan memperkenalkan lagi nama saya, karena postingan kali ini dibutuhkan untuk tugas softskill jadi, bahasa yang digunakan sedikit formal. Ya, langsung saja, perkenalkan nama saya Sigit Yhondra Arfian Nugroho, panggil saja dengan nama Sigit, Saya lahir di Jakarta pada tanggal 30 Oktober 1996. Saya tinggal di Jakarta Timur tepatnya di Jl. Kayu Tinggi Gg. Waru 7 RT 10 / RW 09 No. 17A Kel. Cakung Timur Kec. Cakung. Saya berprofesi menjadi mahasiswa dari Universitas Swasta yang ternama di Indonesia, yaitu Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi
Disini saya akan menganalisa kegiatan sosial yang ada dilingkungan rumah saya, sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit apa sih kegiatan sosial itu? Kegiatan sosial dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan bersama sama oleh banyak individu atau kelompok yang bertujuan untuk mensejahterakan anggota nya dan juga banyak orang tergantung makna dan tujuan dari kegiatan sosial tersebut. Kegiatan sosial dirumah saya ada Karang Taruna, Pengajian, Arisan. Karena saya juga merupakan anggota aktif dari Karang Taruna, saya akan menjelaskan kegiatan sosial Karang Taruna terlebih dahulu
1.      Karang Taruna
Sebelum saya menceritakan kegiatan apa saja yang dilakukan di Karang Taruna daerah rumah saya, saya akan memberikan pengertian sedikit apa sih arti dari Karang Taruna itu ? Karang Taruna adalah suatu organisasi atau wadah pengemban bagi generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab. Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian. Karang Taruna di daerah rumah saya memiliki kegiatan rutin dalam setiap bulannya untuk mengadakan pertemuan bulanan, contoh kegiatannya bisa lihat gambar dibawah ini

Gambar diatas adalah gambar Karang Taruna diwilayah saya sedang mengadakan rapat bulanan, pada rapat ini kita sedang membahas penyerahan ketua anggota yang lama ke ketua anggota yang baru, kita juga membahas perkenalan anggota yang baru dan membahas struktur keanggotaan yang baru. Karang Taruna di wilayah saya sudah cukup lama berdiri, mungkin sekitar awal tahun 2000-an dan mungkin saya angkatan ke 6 ataupun ke 7. Kegiatan di Karang Taruna bukan hanya rapat bulanan tapi juga ada arisan, bakti sosial, mengadakan lomba Agustusan dan pada saat 17 Agustus tahun ini Karang Taruna di wilayah saya membuat acara yang bertemakan Halal Bihalal memperingati 1 syawal 1436 H dan Memperingati hari Kemerdekaan Indonesia, disini Karang Taruna dituntut untuk aktif dan berpatisipasi dalam mensukseskan acara, ada yang menjadi mc/pemandu acara, ada juga yang paduan suara menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia.

2.      Pengajian
Setelah membahas panjang lebar tentang Karang Taruna, selanjutnya saya akan mengadakan menjelaskan kegiatan pengajian di wilayah saya, biasanya pengajian ini dilaksanakan setiap malem jum’at, dan tempatnya pun berpindah-pindah. Pada saat bulan ramadhan dari kegiatan pengajian ini biasanya membentuk panitia untuk kegiatan pesantren kilat

3.      Arisan
Arisan biasanya diadakan sebulan sekali, fungsi umum dari arisan adalah mempererat silaturahmi antar warga.

            Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, apabila dari segi tulisan masih kurang mohon di maklumi karena setiap manusia memiliki kesalahan. Terima Kasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar