Jumat, 15 Mei 2015

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibandingkan makhluk yang lainnya. Karena manusia memiliki akal pikiran dan hawa nafsu. Manusia juga disebut sebagai makhluk social karena manusia saling berketergantungan antara satu dengan yang lainnya.
Semua orang pasti mempunyai tanggug jawabnya masing masing. Tanggung jawab antar manusia pasti berbeda beda tingkatannya. Pengertian tanggung jawab dalam Kamus Umum Bahasa Besar Indonesia adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Adapun tanggung jawab menurut definisi merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab bersifat kodrati, yang artinya tanggung jawab itu sudah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia dan yang pasti masing-masing orang akan memikul suatu tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab, maka tentu ada pihak lain yang memaksa untuk tindakan tanggung jawab tersebut. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu:
1.    Dari sisi yang berbuat, maksudnya manusia yang berbuat harus sadar akan tanggung jawab yang ia perbuat.
2.   Dari sisi yang kepentingan pihak lain, maksudnya manusia yang berbuat atau yang bertanggung jawab tidak mau bertanggung jawab atas perbuatannya sehingga pihak lain yang akan bertanggung jawab atas perbuatannya.
            Macam-macam tanggung jawab:
1.         Tanggung jawab terhadap diri sendiri, yaitu tanggung jawab menurut kesadaran diri sendiri dan bisa memecahkan masalahnya sendiri. Contohnya: pengendara sepeda motor yang tidak memiliki SIM. Saat ada penertiban atau razia oleh polisi dijalan raya, konsekuensi yang diberikan adalah ditilang oleh polisi.
2.         Tanggung jawab terhadap keluarga, yaitu mampu menjaga nama baik keluarga. Contohnya: manusia yang tidak mempunyai pekerjaan dan manusia yang kehidupan ekonominya kurang mencukupi maka demirasa tanggung jawab terhadap keluarganya ia harus mencuri. Padahal ditinjau dari segi moral mencuri merupakan hal yang tidak baik dan akan mencemarkan nama baik keluarganya.
3.         Tanggung jawab terhadap masyarakat, yaitu manusia merupakan anggota dari masyarakat tentunya mepunyai tanggung jawab sebagai anggota masyarakat. Contohnya: ibnu tidak mau ikut melaksanakan kerja bakti bulanan didaerah tempat ia tinggal, sehingga ia mendapat teguran dari ketua RT setempat dan setelah itu ia baru melaksanakan kewajibannya, kewajibannya tersebut adalah tanggung jawab dari perbuatannya.
4.         Tanggung jawab terhadap Tuhan, Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisa kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan yang telah diatur sedemikian rupa dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam-macam agama.
5.         Tanggung jawab terhadap bangsa/Negara, Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara

Sumber:


           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar